Silabus
Kelas IV
Semester : 1
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
AZ-ZAHRA disc8
SILABUS
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi : Pengenalan Komputer dalam teknologi informasi dan komunikasi
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instumen | |||||||
1.1 | Memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi | Perangkat-perangkat Teknologi Informasi dan komunikasi | : mendengarkan penjelasan : menyebutkan perangkat informasi yang ada di sekitar sekolah dan fungsinya | · Mengenal perangkat teknologi informasi dan komunikasi seperti, Faximile, telepon, hand phone, komputer, audio visual dan internet · Mendeskrifsikan pengaruh positif dan negative penggunaan teknologi informasi dan komunikasi · Memahami fungsi dari penggunaan perangkat Teknologi Informasi dan komunikasi | - Tes þ Lisan þ Tulisan þ Praktek - Non test þ Lisan þ Tlisan þ Demontrasi | Objektif - Pilihan Ganda Isian Uraian Praktek Non Objektif | Lembar Soal Tulis Lembar Soal Praktek | 2 x 35 menit | Pengenalan Komputer Elex media |
SILABUS
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi : Pengenalan Komputer dalam teknologi informasi dan komunikasi
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrumen | |||||||
1.2 | Mengidentifikasi perangkat-perangkat komputer dan fungsinya | Pengenalan elemen-elemen pendukung Teknologi Informasi dan komunikasi dan fungsinya | : mencatat elemen-elemen pendu -kung : mendengarkan penjelasan materi yang telah dicatat : menunjukan elemen-elemen yang termasuk perangkat keras (CPU,Monitor, keyboard, hardisk, mouse, disket, Spiker, dll) | · Memahami cara menghidupkan dan mematikan komputer secara prosedur (menunjukan tombol power CPU dan monitor) · Menjelaskan definisi komputer · Mengetahui yang termasuk perangkat keras komputer (hardware) serta fungsinya · Mengetahui yang termasuk perangkat lunak (software) dan fungsinya · Menjelaskan perangkat manusia (brainware) dan fungsinya | - Tes þ Lisan þ Tulisan þ Praktek - Non test þ Lisan þ Tlisan þ Demontrasi | Objektif - Pilihan Ganda Isian Uraian Praktek Non Objektif | Lembar Soal Tulis Lembar Soal Praktek | 2 x 35 | Pengenalan computer Elex Media |
SILABUS
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi : Menggambar dan mewarnai gambar dengan perangkat lunak picture maker
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrumen | |||||||
2.1 | Mengenal perangkat lunak (software) untuk menggambar | Cara memulai menjalankan perangkat lunak Picture Maker dan fungsinya | : menjelaskan tentang software picture maker : menghidupkan komputer : menjelaskan tampilan layar picture maker | ¿ Mampu memegang mouse dan menggerakkannya ¿ Memahami cara membuka dan mengahiri sytem picture maker ¿ Menunjukkan area-area pada tampilan layar picture maker (menu area, icon area, palette area, line style area, active pateern box, buttotn status area,drawaing area ) ¿ Memahami fungsi dari area-area pada picture maker (menu area, icon area, palette area, line style area, active patern box, button status area, drawing area ) | - Tes þ Lisan þ Tulisan þ Praktek - Non test þ Lisan þ Tlisan þ Demontrasi | Objektif - Pilihan Ganda Isian Uraian Praktek Non Objektif | Lembar Soal Tulis Lembar Soal Praktek | 2 x 35 | Sri Muljati Story Board Live bab I hal 6 |
SILABUS
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi : Menggambar dan mewarnai gambar dengan perangkat lunak picture maker
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrumen | |||||||
2.2 | Menggunakan icon-icon untuk membuat gambar | Mengenal dan fungsi dari icon-icon yang ada pada layar picture maker | : mendengarkan penjelasan tentang nama-nama icon : menjelaskan fungsi dari icon-icon : mempraktekkan tiap icon | ¿ menunjukan icon-icon: 1. icon scrool 2. icon text 3. icon select 4. icon microscope 5. icon erase 6. icon pencil 7. icon spray 8. icon line 9. icon brush 10. icon rectangle 11. icon fill 12. icon cicle ¿ memahami fungsi dari icon-icon 1. icon scrool 2. icon text 3. icon select 4. icon microscope 5. icon erase 6. icon pencil 7. icon spray 8. icon line 9. icon brush 10. icon rectangle 11. icon fill 12. icon cicle | - Tes þ Lisan þ Tulisan þ Praktek - Non test þ Lisan þ Tlisan þ Demontrasi | Objektif - Pilihan Ganda Isian Uraian Praktek Non Objektif | Lembar Soal Tulis Lembar Soal Praktek | 2 x 35 | Sri Muljati Story Board Live Bab 1 hal 15 |
SILABUS
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi : Mencari dan mengirim informasi dengan menggunakan internet ekplorer
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk | Instrumen | |||||||
3 | Mengenal perangkat lunak (internet explorer) untuk mencari informasi dan menjelajahi dunia maya | Pengenalan internet explorer | : menjelaskan pengenalan internet explorer : mencatat pengertian tentang internet ekplorer dan pendukung untuk membuat jaringan : mempraktekkan cara mulai IE : mencoba browsing Website Assalaam | ¿ memahami perangkat –perangkat apa untuk menjalankan internet (telephon, modem, usp dll) ¿ memahami cara-cara masuk ke IE ¿ mendemonstrasikan cara membuka Website Assalaam ¿ mengetahui tempat untuk memasukan website ( Address) | - Tes þ Lisan þ Tulisan þ Praktek - Non test þ Lisan þ Tlisan þ Demontrasi | Objektif - Pilihan Ganda Isian Uraian Praktek Non Objektif | Lembar Soal Tulis Lembar Soal Praktek | 4 x 35 | Pengenalan internet dan jaringan internet Elex media |
SILABUS
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi : Membuat tulisan dengan menggunakan icon teks
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk | Instrumen | | | |||||
4 | Menggunakan icon teks untuk membuat tulisan | Membuat tulisan dan mengatur tampilan hurup dengan menggunakan icon teks | : mendengarkan penjelasan cara membuat teks : menjelaskan untuk mengganti, menghias, memperbesar maupun memperkecil dan mengganti warna huruf : mencoba tiap-tiap siswa | ¿ memahami fungsi dari icon teks ¿ mengerti cara untuk memperbesar dan memperkecil huruf (size) ¿ mendemonstrasikan membuat variasi huruf (Bold, italic , underline, shadow) ¿ mengganti warna huruf dengan memilih palette area | - Tes þ Lisan þ Tulisan þ Praktek - Non test þ Lisan þ Tlisan þ Demontrasi | Objektif - Pilihan Ganda Isian Uraian Praktek Non Objektif | Lembar Soal Tulis Lembar Soal Praktek | 2 x 35 | Sri Muljati Story Board Live Jilid 1 hal 27 |
SILABUS
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi : menggambar dengan menggunakan icon-icon yang ada pada picture maker
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk | Instrumen | |||||||
5 | Menggunakan icon-icon untuk membuat gambar bangunan | Menggambar dengan menggu- nakan icon pencil, rectangle, cicle, line dan fill serta cara membatalkan gambar dan menghapus | ¿ mendengarkan penjelasan dan fugsi dari Icon-icon ( pencil, rectangle, cicle, line dan fill) : mempraktekan tiap-tiap icon (pencil, rectangle, cicle, line dan fill) : mempraktekan perintah untuk menghapus ( eraser dan edir clear) : Mempraktekan untuk membatalkan gambar yang terakhir kali dibuat (edit undo) | ¿ mendemonstrasikan icon pencil, rectangle, cicle, line dan fill ¿ menggabungkan icon icon pencil, rectangle, cicle, line dan fill sehingga berbentuk bangunan rumah ¿ mendemonstrasikan icon fill untuk mewarnai bangunan dan memilih warna pada palette area ¿ mendemontrasikan cara menghapus secara cepat ( edit clear) dan cara membatalkan yang terakhir kali dibuat (edit undo) ¿ memahami cara menyimpan hasil gam-bar yang telah di buat | - Tes þ Lisan þ Tulisan þ Praktek - Non test þ Lisan þ Tlisan þ Demontrasi | Objektif - Pilihan Ganda Isian Uraian Praktek Non Objektif | Lembar Soal Tulis Lembar Soal Praktek | 2 x 35 | Sri Muljati Diktat Story board live Jilid 1 Bab II hal 31 |
SILABUS
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi : menggambar dengan menggunakan icon-icon yang ada pada picture maker
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk | Instrumen | |||||||
6 | Menggambar dengan menggunkan icon pencil, Erase dan microccope | Menggambar bebas dengan menggunakan icon pencil | : mendengarkan penjelasan cara penggunaan icon pencil : mempraktekan cara membuka file yang sudah direkan ( File, get picture) : mempraktekan cara memper- baiki gambar yang belum selesai | ¿ mendemontrasikan cara mengaktifkan icon pencil ¿ memahami cara menggerakan mouse apabila menggunakan icon pencil ¿ memahami cara membatalkan gambar ¿ mendemonstrasikan icon erase untuk menghapus bidang gambar tertentu ¿ mendemontrasikan cara merekam kembali gambar yang telah diperbaiki | - Tes þ Lisan þ Tulisan þ Praktek - Non test þ Lisan þ Tlisan þ Demontrasi | Objektif - Pilihan Ganda Isian Uraian Praktek Non Objektif | Lembar Soal Tulis Lembar Soal Praktek | 2 x 35 | Sri Muljati Diktat Strory board Jilid 1 Bab 3 Hsl 40 |
SILABUS
Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan komunikasi
Kelas/Semester : IV / I
Standar Kompetensi : Mengambil gambar yang sudah disediakan oleh picture maker (Library)
No | Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk | Instrumen | |||||||
7. | Menyatukan gambar yang telah dibuat dengan mengambil gambar dari library | Mengambil gambar dari library | : mendengarkan penjelasan cara masuk ke library : mempraktekan cara mengambil gambar dari library : mempraktekan cara memperbesar, memindahkan serta memutar gambar : Cara menggan-dakan | ¿ mendemonstrasikan cara mengambil gambar dari pustaka gambar ¿ memahami cara membalik obyek gambar (horizontal,vertical) ¿ mendemonstrasikan cara memutar opbyek gambar dengan menggunakan (edit rotate) ¿ menguasai cara memperbanyak gambar (edit copy) ¿ memhami cara memperkecil dan memperbesar gambar (tombol mouse 1 dan 2) | - Tes þ Lisan þ Tulisan þ Praktek - Non test þ Lisan þ Tlisan þ Demontrasi | Objektif - Pilihan Ganda Isian Uraian Praktek Non Objektif | Lembar Soal Tulis Lembar Soal Praktek | 2 x 35 | Sri Muljati Diktat Sory board Live Bab 4 hal 49 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar