Mata Pelajaran : IPA
Materi Pokok : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 30 menit
Metode : Ceramah
A. Kompetensi Dasar
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya
B. Indikator
o Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)
C. Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan. Hlm.2
D. Media Belajar
o Buku SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o Buku atau majalah
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
2. Kegiatan Inti o Memahami peta konsep tentang makhluk hidup o Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi) - Memancarkan bunyi dari mulutnya, - bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya, - selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya o Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek. - Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket o Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut | (50 menit) |
3. Penutup o Memberikan kesimpulan - Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi - Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat - Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah. | (5 menit) |
4. Pekerjaan Rumah o Tugas 1.1, 1.2, 1.3 |
Mengetahui Kepala Sekolah ( ) | Bumiayu, Guru Mata Pelajaran ( ) |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar