Senin, 09 Januari 2012

RPP IPA Kelas 6 SD

Mata Pelajaran              : IPA
Materi Pokok                : Ciri-ciri khusus makhluk hidup
Pertemuan / waktu         : Pertama  / 2 x 30 menit
Metode                         : Ceramah

A.    Kompetensi Dasar
1.1  Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek) dan lingkungan hidupnya

B.    Indikator
o    Mencari contoh hewan yang memiliki ciri khusus untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya: kelelawar dan cicak
o    Mendeskripsikan cirri khusus hewan yang ada di sekitarnya, misalnya kelelawar mempunyai alat pendeteksi benda-benda di sekitarnya (sonar)

C.    Materi Essensial
Ciri-ciri khusus beberapa jenis hewan. Hlm.2

D.    Media Belajar
o    Buku  SAINS SD Haryanto Erlangga Kelas VI
o    Buku atau majalah

E.    Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

1.     Pendahuluan
o    Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan


(5 menit)

2.     Kegiatan Inti
o    Memahami peta konsep tentang makhluk hidup
o    Mempelajari alat pendeteksi benda pada kelelawar (ekolokasi)
-   Memancarkan bunyi dari mulutnya,
-   bunyi tersebut akan dipantulkan oleh benda disekitarnya,
-   selanjutnya kelelawar dapat memperkirakan jarak benda tersebut dari bunyi yang kembali padanya
o    Mempelajari Kaki lengket pada cecak dan tokek.
-   Telapak kaki tokek mempunyai lapisan berupa struktur seperti rambut yang lengket
o    Mempelajari Lidah yang panjang dan lengket pada bunglon dan landak semut


(50 menit)

3.     Penutup
o    Memberikan kesimpulan
-   Kelelawar mencari makan dimalam hari dengan memanfaatkan pantulan bunyi
-   Cecak dan tokek merayap di dinding karena mempunyai perekat
-   Bunglon dan landak semut menangkap mangsanya dengan lidah.


(5 menit)

4.     Pekerjaan Rumah
o    Tugas 1.1, 1.2, 1.3




Mengetahui
Kepala Sekolah



(                                           )

Bumiayu,         
Guru Mata Pelajaran



(                                          )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar